Kamis, 05 Januari 2012

DAFTAR GAMES OPL

Berikut daftar Game yg support di OPL...


A

  • Armored Core Nexus (SLUS_209.86)
  • Avatar Into the Inverno (SLUS_218.04)

B
  • Basara 2 (SLPM_668.48)
  • Battle Stadium D.O.M. (SLPS_256.75)
  • BLACK (SLES_538.86)
  • BMX XXX (SLUS_204.15)
  • Bully (SLUS_212.69)
  • Burnout Revenge (SLUS_212.42)
C
  • Captain Tsubasa (SLPS_256.91)
  • Casper And The Ghostly Trio (SLES_543.83)
  • Conflict Global Storm (SLES_525.73)
  • Cool Shot (SLES_517.85)
D
  • Death by Degrees (SLUS_209.34)
  • Delta force Black Hawkdown Team Sabre (SLES_541.15)
  • Def Jam Fight for NY (SLUS_210.04)
  • Def Jam Vendetta (SLUS_206.39)
  • Devil May Cry 3 (SLUS_209.64)
  • Dinasty Warrior 5 (PBPX_952.01)
  • Dinasty Warriors Gundam 2 (SLUS_218.73)
  • Downhill Domination (SCUS_971.77)
  • Downhil Jam (SLUS_214.56)
E
  • ------

F
  • Fifa 10 (SLES_555.83)

G
  • Genji (SCUS_974.71)
  • Gran Turismo 4 (SCES_517.19)
  • God of War (PBPX_952.01)
  • God of War 2 (SCUS_974.81)
  • Guitar Hero 2 (SLUS_214.47)
  • God Hand (SLUS_215.03)
  • GTA SanAndreas (SLUS_209.46)
H
  • Harvest Moon Save the Homeland (SLUS_202.51)
  • Harvest Moon A Wonderful Life (SLES_534.80)
  • Hitman 2 Silent Assassin (SLPS_250.26)


I
  • ------

J
  • Jet Li Rise to Honor (SCUS_972.79)
  • Jurassic Park Operation Genesis

K
  • ------

L
  • ------

M

  • Metal Slug 5 (SLUS_209.90)
  • Mortal Kombat Armageddon (SLUS_209.46)
  • Mortal Kombat Shaolin Monks (SLUS_210.87)
  • Monster Jam Urban Assault (SLUS_218.07)
  • Moto GP 08 (SLES_552.66)
  • Moto GP 3 (SLUS_206.25)
  • MX vs ATV Unleashed (SLUS_211.04)

N
  • Naruto 2 (SLPS_258.37)
  • Naruto 3 (SLPS_255.89)
  • Naruto 5 (Naruto 2 multy language)
  • NFS Carbon Collector's Edition
  • NFS Mostwanted (SLES_535.57)
  • NFS Underground 2 (SLUS_210.65)

O
  • One Piece Grand Adventure (SLUS_214.35)
  • Onimusha 3 Demon Siege (SLUS_206.94)
P
  • PES 2010 (SLES_555.87)
Q
  • ------

R
  • Red Dead Revolver (SLUS_205.00) All Sound Normal
  • Resident Evil 4 (SLES_537.02)
  • Rumble Racing EA Games (mode 7)
S
  • Smackdown Pain (SLUS_207.87)
  • Smackdown vs Raw 2010 (SLUS_216.00)
  • Spiderman Friend or Foe (SLUS_216.00)
  • Spongebob Globs of Doom (SLUS_218.18)
T
  • Tekken 5 (SLUS_218.18)
  • The Warriors (SLUS_212.15)
  • The Mummy Tomb of The Dragon Emperor (SLUS_217.75)
  • Time Crisis 2 (PBPX_952.01)
  • Transformer the Game (SLUS_216.02)
U
  • Urban Free Style (SLES_508.49)
V
  • ------

W
  • Warriors Orochi 2 (SLES_553.82)
  • Winning Eleven 10 (SLPM_663.74)
X
  • ------

Y
  • ------

Z
  • ------

Dan masih banyak lagi Game yang support sama OPL (Bisa juga ditelusuri disini dengan beberapa halaman lainnya)
Dan game yang dicantumkan diatas udah saya tes sendiri dan jalan dengan normal di OPL. Sementara jika Teman" lain yang pernah mencoba game selain yang tercantum diatas dan berjalan dengan normal di OPL, Sekiranya membantu teman" kita yang lain untuk membagi informasi game yang bisa dimainkan lewat OPL dg ngasih komentar dibawah ini.... mksih semuanya yee...
Read more: Game Compatible Open PS2Loader http://satriogame.blogspot.com/2010/09/game-competible-open-ps2loader.html#ixzz1ib3OSde3

TIPS BIKIN SKIN PS2 HARDISK OPL

Pada kesempatan ini, kita akan mencoba membahas cara membuat tema yang bisa digunakan baik pada revisi 0.7 new gui (OPL 0.8 beta), maupun pada OPL v 0.8 final (saat rilis).

Pada postingan yang lalu, sudah saya uploadkan beberapa contoh tema yang sudah jadi dan siap pakai, dan bagi teman-teman yang ingin menggunakan tema tersebut, silahkan download disini.

Sebelum kita memulai membuat gambar tema, sebaiknya kita coba pahami dulu bagian-bagian dari tema itu sendiri yang ada pada OPL v 0.8 beta, dan untuk memudahkan menjelaskan bagian-bagian dari tema, maka dibawah ini terlihat tema dari opl beserta dengan elemen-elemen pendukung tema.

(sumber = OPL Theme Guide by Izdubar)

Penjelasan elemen tema :

  1. Icon Menu merupakan icon dari setiap device yang terpilih seperti icon untuk menu HDD, USB, ETH, dan APPS. dan kode untuk pengaturan di tema adalah "menu_icon". yang terdiri dari 2 koordinat XY (menu_icon_x dan menu_icon_y).
  2. Tulisan Menu merupakan uraian dari menu yang aktif atau sementara ditampilkan oleh OPL, seperti HDD Games, USB Games, Network Games, dan Apps. Dan kode untuk pengaturan di tema adalah "menu_text", yang terdiri dari 2 koordinat XY (menu_text_x dan menu_text_y).
  3. Daftar Item merupakan judul dari setiap item yang dibaca oleh OPL, seperti judul game yang terinstal diharddisk atau di jaringan (PC), dan judul-judul aplikasi. Dan kode untuk pengaturan di tema adalah "items_list", yang terdiri dari 2 koordinat XY (items_list_x dan items_list_y).
  4. Icon Item merupakan gambar icon yang ditampilkan OPL dari setiap item/judul game yang terpilih (jika icon disertakan). Dan kode untuk pengaturan di tema adalah "item_icon", yang terdiri dari 2 koordinat XY (item_icon_x dan item_icon_y).
  5. Cover item merupakan gambar cover atau sampul dari item/judul game yang terpilih yang ditampilkan oleh OPL jika pada setting utama OPL untuk Enable Cover Art = On dan gambar cover disertakan. Dan kode untuk pengaturan di tema adalah "item_cover", yang terdiri dari 2 koordinat XY (item_cover_x dan item_cover_y).
  6. Tulisan ID item merupakan nama item atau ID dari judul game yang terpilih. Dan kode untuk pengaturan di tema adalah "item_text", yang terdiri dari 2 koordinat XY (item_text_x dan item_text_y).
  7. Animasi loading merupakan gambar loading yang dirender oleh OPL saat meload data yang dibutuhkan, dan gambar loading ini merupakan gambar dengan format PNG sebanyak 8 gambar yang dibaca dari file OPL sendiri atau dari gambar loading yang disertakan pada tema yang diterapkan. Dan kode untuk pengaturan di tema adalah "loading_icon", yang terdiri dari 2 koordinat XY (loading_icon_x dan loading_icon_y).
  8. Tombol Aksi OPL merupakan icon control yang disertai dengan penjelasan dari tombol-tombol kontrol PS2 yang bisa digunakan di OPL untuk mengakses pengaturan dan fungsi-fungsi lainnya. Dan kode untuk pengaturan di tema adalah "hint_text" yang terdiri dari 2 koordinat XY (hint_text_x dan hint_text_y).

Okey.....

Setelah kita sudah mengerti bagian-bagian tema OPL berikut kode-kode pada pengaturan tema (conf_theme.cfg) seperti untuk Icon Menu dengan kode menu_icon_x untuk kode horisontal dan menu_icon_y untuk kode vertikal beserta kode-kode elemen lainnya, dan nantinya kode-kode tersebut yang di rubah nilainya jika ingin pindahkan letak elemen dari tema OPL yang kita buat dari posisi/letak dari setiap elemen tema seperti yang terlihat pada gambar diatas.

Selain dari kode-kode elemen tema diatas, pada pengaturan tema (conf_theme.cfg) juga memuat pengaturan lainnya, diantaranya:

use_default
Kode ini untuk mengatur tampilan elemen icon dari tema, dan untuk nilai dari kodenya jika 1 berarti ya, dan jika 0 berarti tidak.
Dan default untuk kode ini adalah 1, dimana semua gambar elemen yang ikut pada tema akan ditampilkan oleh OPL sesuai dengan pengaturan elemen tema (conf_theme.cfg).
Contoh :
Jika menginginkan tema yang di buat hanya menggunakan icon default OPL, maka pada pengaturan utama opl dicantumkan kode sebagai berikut
use_default=0
Tapi jika menginginkan semua gambar elemen yang ada pada folder tema ditampilkan oleh OPL juga, maka untuk kode use_default tersebut tidak perlu kita cantumkan, karena untuk setting defaultnya adalah 1 yang berarti semua gambar elemen pada folder tema akan ditampilkan.

items_list_icons
Kode ini mengatur tampilan icon kecil disebelah kiri judul game, dan untuk nilai dari kodenya sendiri jika 1 berarti ditampilkan, dan 0 berarti tidak ditampilkan.
Dan default untuk kode ini adalah 0 yang berarti icon yang berada disebelah kiri judul game tidak ditampilkan oleh OPL.
Contoh :
Jika icon kecil yang berada disebelah kiri judul game ingin juga ditampilkan oleh OPL pada tema yang digunakan, maka pada pengaturan OPL dicantumkan kode sebagai berikut:
items_list_icons=1
Sementara jika icon kecil yang berada disebelah kiri judul game tidak ingin ditampilkan oleh OPL, maka untuk kode items_list_icons tidak perlu kita cantumkan, yang artinya mengikuti pengaturan default dari OPL yang bernilai 0 (tidak ditampilkan).

displayed_items
Kode ini mengatur jumlah judul item atau judul game yang ditampilkan setiap layarnya, dan default jumlah judul item yang ditampilkan oleh OPL adalah 20 baris.
Jadi dengan kode ini kita bisa mengecilkan atau mengurangi judul game yang ditampilkan oleh OPL setiap layarnya untuk menyesuaikan gambar background dari tema yang digunakan.
Contoh :
Jika ingin OPL menampilkan judul item atau judul game hanya 15 judul/baris setiap layarnya, maka pada pengaturan OPL dicantumkan kode sebagai berikut:
displayed_items=15
Dan untuk jumlah baris judul lainnya tinggal sesuaikan dengan keinginan masing-masing, atau jika ingin tetap menampilkan judul game sebanyak 20 baris setiap layarnya, maka untuk kode displayed_items tidak perlu dicantumkan, yang artinya mengikuti aturan dari default OPL yang menampilkan 20 judul item setiap layarnya.

background_mode
Kode ini mengatur tampilan latar (background) pada menu pilihan item OPL, dimana untuk nilai dari kodenya diantaranya
  • 0 = Mode Picture, dimana pada mode ini OPL akan menampilkan gambar background yang ada pada tema yang digunakan, tapi jika gambar background tidak ditemukan, maka akan ditampilkan mode plasma.
  • 1 = Mode Plasma, dimana pada mode ini ditampilkan latar dari OPL dengan animasi warna yang bisa diatur pada kode bg_color.
  • 2 = Mode Color, dimana pada mode ini ditampilkan warna latar dari OPL yang bisa diatur pada kode bg_color dengan kode warna default bg_color=#28c5f9.
  • 3 = Mode Art, dimana pada mode ini akan mendukung mode art atau akan ditampilkan semua gambar cover, background, cover_overlay, dan icon jika ditemukan, tapi jika tidak ditemukan, maka akan diaktifkan mode Picture, dan jika tidak ditemukan gambar background, maka akan diaktifkan mode Plasma.
Dan untuk default background_mode OPL bernilai 0 atau Mode Picture.
Contoh :
Jika menginginkan mode OPL menjadi mode Art, maka pada pengaturan tema OPL dicantumkan kode sebagai berikut:
background_mode=3
Sementara untuk mode yang lain, tinggal kita rubah saja nilai untuk background_mode sesuai dengan nilai yang sudah dijelaskan diatas.

background_alt_mode
Kode ini mengatur tampilan latar pada pilihan menu setting OPL, dimana untuk nilai default adalah 1 atau Mode Plasma, jadi jika kode ini tidak diatur atau masih menggunakan default dari OPL, maka saat menekan START dan segi tiga untuk masuk dimenu setting akan ditampilkan latar warna animasi (plasma) yang berpatokan pada kode warna bg_color yang warna default adalahbg_color=#28c5f9.
Jadi jika menginginkan saat masuk di setting untuk latar ditampilkan gambar background dari tema yang diterapkan, maka pada pengaturan tema OPL dicantumkan kode sebagai barikut:
background_alt_mode=0
Kode background_alt_mode=0 tersebut berarti bahwa, untuk latar pada menu setting OPL ditampilkan gambar atau Mode Picture, dimana gambar latar yang ditampilkan sesuai dengan gambar background yang ada pada tema yang diterapkan.

bg_color
Kode ini mengatur warna latar dari OPL, dimana untuk format warnanya menggunakan kode hexadecimal RGB (red, green, blue).
Dan default kode warna untuk bg_color ini adalah #28c5f9 atau warna biru langit
Untuk mencari kode warna RGB, kita bisa menggunakan software visual color picker atau color picker dari photoshop yang sudah dijelaskan pada postingan yang lalu.
Contoh :
Umpamanya untuk warna latar, kita akan menggunakan warna hijau, dimana untuk kode RGB warna hijau adalah #2df928
Maka pada pengaturan tema OPL dicantumkan kode sebagai berikut
bg_color=#2df928
Sementara untuk kode warna latar yang lain, tinggal sesuaikan dengan kode warna RGB yang didapat dari software color picker yang digunakan.

text_color
Kode ini mengatur warna tulisan yang digunakan oleh OPL, dimana untuk format warnanya digunakan kode hexadecimal RGB.
Default kode untuk text_color ini adalah #ffffff atau warna Putih.
Contoh :
Umpamanya kita akan merubah tulisan dengan warna Hitam, dimana untuk kode RGB warna hitam adalah #000000, maka pada pengaturan tema OPL dicantumkan kode sebagai berikut:
text_color=#000000
Sementara untuk kode warna tulisan yang lain, tinggal gunakan software color picker seperti yang sudah dijelaskan diatas, kemudian mengubah nilai dari kode text_color sesuai dengan kode warna yang didapat dari color picker yang digunakan.


ui_text_color
Kode ini mengatur warna tulisan untuk dialog menu OPL, dimana untuk format warna yang digunakan adalah Hex RGB.
Default kode warna untuk ui_text color ini adalah #408040 atau warna Hijau.
Contoh :
Umpamanya kita akan merubah warna untuk kode ini menjadi warna merah, dimana untuk kode warna merah yang digunakan adalah #d60000. maka pada pengaturan tema OPL dicantumkan kode sebagai berikut:
ui_text_color=#d60000
Sementara untuk code warna yang lainnya, gunakan software color picker dan rubah nilai pada kode ui_text_color sesuai dengan kode warna yang didapat di color picker.

sel_text_color
Kode ini mengatur warna tulisan untuk menu item yang terpilih, dimana untuk format warna yang digunakan adalah hex RGB.
Default kode warna untuk sel_text_color ini adalah #ff8000 atau warna Orange.
Contoh :
Umpamanya kita akan merubah warna untuk kode ini menjadi warna biru, dimana untuk kode warna biru yang digunakan adalah #0024ff, maka pada pengaturan tema OPL dicantumkan kode sebagai berikut:
sel_text_color=#0024ff
Sementara untuk kode warna yang lain, maka caranya sama dengan kode warna text seperti yang dijelaskan diatas, dan untuk semua kode warna text pada OPL jika tidak ingin dirubah warna defaultnya, maka untuk setiap kode text tidak perlu dicantumkan pada pengaturan tema OPL (conf_theme.cfg).

Okey...

Setelah kita sudah tahu mengenai kode-kode yang digunakan beserta fungsinya masing-masing, maka selanjutnya kita lanjutkan membuat gambar latar yang akan kita gunakan untuk membuat sebuah tema OPL v 0.8.

Untuk membuat gambar latar tema, maka untuk ukuran gambar yang digunakan agar sesuai dengan mode PAL (640x448) dan NTSC (640x512) digunakan ukuran gambar standar untuk background OPL yaitu 640x480 pixel dengan format gambar sebagai berikut:

  • Gambar yang digunakan sebaiknya JPEG (*.jpg),
  • Format options gambar baseline optimized (bukan progressive),
  • Resolution sebaiknya antara 70 sampai 80,
  • Image quality sebaiknya antara 3 (low) sampai 5 (medium).
  • Tidak memerlukan gambar tumbnail.

Okey...

Selanjutnya kita membuat atau mempersiapkan gambar background yang akan kita jadikan sebagai tema OPL.

Dan untuk coba-coba, kita mulai dengan membuat gambar tema yang tidak terlalu rumit atau kita sesuaikan saja dulu dengan posisi default dari setiap elemen-elemen tema OPL seperti pada gambar tampilan tema yang dijelaskan pada awal tulisan ini, agar kita tidak perlu merubah dulu posisi dari setiap koordinat XY elemen tema OPL.

Umpamanya setelah gambar latar selesai dibuat seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Setelah gambar background sudah jadi, selanjutnya kita buat file untuk pengaturan tema (conf_theme.cfg). Dan untuk membuat file pengaturan tema pada contoh ini saya gunakan Notepad++.

Untuk model gambar latar seperti pada contoh ini, maka yang perlu kita rubah untuk menyesuaikan gambar background diantaranya:

  • Untuk posisi elemen tema digunakan posisi default, jadi untuk kode elemen tema tidak perlu dicantumkan pada file konfigurasi tema.
  • Warna tulisan yang digunakan adalah warna putih, yang artinya sama dengan pengaturan warna default OPL, jadi untuk kode warna tulisan (text_color) tidak perlu dicantumkan pada file pengaturan tema.
  • Untuk warna latar digunakan warna abu-abu yang pada contoh ini kode abu-abu yang digunakan adalah #8d9190, maka untuk kode bg_color=#8d9190.
  • Warna tulisan untuk item terpilih (sel_text_color) yang digunakan pada contoh tema ini adalah Hitam, dimana kode hex untuk warna hitam adalah #000000, maka untuk kode tulisan item terpilih adalah sel_text_color=#000000.
  • Dan pada contoh tema ini untuk icon kecil sebelah kiri judul game akan ditampilkan juga, maka untuk kode items_list_icons=1.
  • Untuk mode background yang akan digunakan adalah mode art, maka untuk kode background_mode=3.
  • Dan pada gambar latar untuk menu setting (setelah menekan START dan segitiga) digunakan gambar latar pada tema atau mode picture, maka kode background_alt_mode=0.

Okey... setelah semua kode sudah kita tentukan, maka selanjutnya kode-kode tersebut kita tulis pada notepad++, seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Selanjutnya untuk merubah ke format UNIX, klik Edit >> EOL Conversion >> UNIX Format seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Selanjutnya disave dengan menekan CTRL+S dan simpan dengan nama file conf_theme.cfg, seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Okey.... sampai tahap ini, tema OPL sudah siap digunakan.

Dan pada OPL versi 0.8 beta sudah mendukung juga Cover_overlay, dimana cover_overlay merupakan semacam bingkai yang akan membentuk cover standar OPL (segi empat) menjadi berbagai macam model mengikuti model dari cover_overlay.

Dan untuk model-model cover_overlay yang sudah siap pakai sudah saya uploadkan pada postingan terdahulu, bagi teman-teman yang ingin menggunakannya, silahkan download disini.

Setelah sudah mendapatkan model cover_overlay yang diinginkan, umpamanya seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Selanjutnya masukkan kode kordinat cover_overlay pada pengaturan tema dengan cara sebagai berikut:

Buka file pengaturan tema (conf_theme.cfg) di notepad++, kemudian kode kordinat cover_overlay dimasukkan pada file pengaturan tema seperti pada contoh ini, akan seperti pada gambar dibawah ini setelah kode cover_overlay dimasukkan pada file conf_theme.cfg.


Selanjutnya tekan CTRL+S untuk menyimpan perubahan.

Kemudian untuk file gambar cover_overlay.png di tempatkan bersama dengan gambar tema beserta pengaturan tema dalam satu folder, dimana untuk pengaturan penulisan folder yang dimengerti oleh OPL sebagai suatu folder tema sebagai berikut:

thm_Nama Tema

Penjelasan :
  • thm_ merupakan awal nama setiap folder OPL v 0.8 beta yang harus ditulis.
  • Nama Tema merupakan nama dari tema dan nama ini yang akan ditampilkan oleh OPL dimenu pilihan tema pada pengaturan display OPL.

Seperti pada contoh ini saya tempatkan pada folder thm_FFVII seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Setelah ini, tema sudah siap digunakan pada OPL v 0.8 beta dengan cover_overlay template.

Dan untuk tema ditempatkan pada:

  • Jika HD Internal ditempatkan pada partisi +OPL/THM/thm_Nama Tema.
  • Jika HD External ditempatkan pada folder THM/thm_Nama Tema.
  • Jika Ethernet (SMB) ditempatkan pada folder share smb yang digunakan pada folder THM/thm_Nama Tema.

Selesai.


Read more: Cara Membuat Tema untuk OPL 0.8 http://satriogame.blogspot.com/2010/11/cara-membuat-tema-untuk-opl-08.html#ixzz1ib0gTbX7

CARA PASANG MODCHIP PS2

Modchip atau chip tempelan yang beredar dan banyak digunakan di PS2 khususnya yang beredar di negara kita ada beberapa jenis yang masing-masing chip tersebut mempunyai model dan kelebihan yang berbeda-beda, walaupun tujuan akhir dari penggunaan chip tersebut adalah agar PS2-nya bisa menggunakan atau memainkan game-game backup atau bajakan.

Beberapa jenis chip yang digunakan di PS dan sebagian diantaranya banyak digunakan dinegara kita bisa teman" download disini (PDF file).

Bagi teman-teman yang membeli PS2 dari toko" game biasanya sudah dipasangi modchip (chip tempelan), tujuannya agar PS2 bisa ........ sengihnampakgigi , seperti yang sudah dijelaskan diatas. 

Dan untuk membuktikan kalau PS2 teman" yang baru dibeli ditoko game tersebut sudah dipasangi modchip, kga perlu repot" membuka PS2-nya, yang penting PS2 tersebut bisa membaca CD/DVD game" yang banyak dipajang ditoko game tersebut, maka itu artinya PS2-nya sudah dipasangi atau ditempeli chip tambahan, karena kalau tidak ada modchip-nya di PS2 tersebut, maka biar kita apakan PS2 tersebut tidak bakalan bisa membaca atau memainkan game" bajakan dikarenakan system dari console PS2-nya sudah diproteksi atau dikunci oleh pihak SONY agar hanya bisa membaca CD/DVD game original sesuai dengan region penyaluran resmi console game tersebut.

Tujuan dari pihak SONY dan beberapa produsen game console memberlakukan proteksi terhadap produknya salasatunya adalah untuk melindungi karya para pembuat game" yang jalan pada console game masing", sehingga para pembuat game tersebut akan tertarik untuk membuat game" console karena mendapat keuntungan dari hasil penjualan game" orisinilnya.

Nah..... tapi jika CD/DVD game tersebut yang terjual bukan dari yang orisinil, cos udah pasti para pengembang atau pembuat game tersebut tidak mendapatkan apa-apa dari hasil jeripayah dan pengorbanannya saat membuat game tersebut. Dan jika sudah begitu jadinya, maka tentunya para pengembang game tersebut akan malas membuat game baru lagi seperti yang terjadi pada console game PS2 yang sudah beberapa tahun yang lalu sejak postingan ini saya tulis sudah kurang atau tidak ada lagi game" baru yang keluar plus/ditambah dengan perkembangan teknologi game console-nya.

Itulah Ilmu pengetahuan khususnya didunia game, disisi lain bisa merugikan pihak-pihak tertentu, sementara sisi satunya justru akan sangat membantu orang-orang seperti saya sengihnampakgigi dan beberapa teman-teman yang lain tentunya serta beberapa orang-orang lagi yang tinggal dinegara-negara berkembang atau negara" yang perkembangan ekonomi penduduknya belum merata.

Okey...kita kembali kepokok postingan.

Sekarang mungkin ada teman-teman yang bertanya-tanya lagi, kalau memang PS2-nya sudah dipasangi modchip, kenapa kita melakukan pergantian atau pemasangan modchip lagi.

Seperti yang sudah diuraikan diatas kalau fungsi utama dari modchip" tersebut agar PS2-nya bisa membaca bajakan tanpa bersusah-susah lagi pake trik pancing seperti PS2 versi" awal atau PS2 yang menggunakan swap magic. Dan seiring dengan perkembangan PS2-nya, maka tidak mutlak mesti pake CD/DVD game lagi jika ingin memainkannya, akan tetapi PS2 bisa memainkan game lewat harddisk yang terpasang di PS2 tersebut.

Nah...dari perkembangan tersebut tentunya kemampuan modchip juga harus mengikuti perkembangan tersebut agar para penggunanya bisa semakin dimanjakan atau diberi kemudahan lagi, dan diantara produsen modchip melihat peluang itu dan menambahkan fungsi" atau kelebihan tambahan pada modchip yang diproduksinya dibandingkan dengan modchip" yang lain.

Dan salasatu produk modchip seperti Matrix dan Modbo yang mana kedua jenis modchip tersebut yang banyak digunakan dinegara kita membunyai kemampuan membaca atau menjalankan file booting/program yang tersimpan diharddisk yang dikenal dengan mode DEV2 serta yang tersimpan di Memorycard yang dikenal dengan mode DEV1, disamping kemampuan standar lainnya yaitu bisa membaca CD/DVD game backup/bajakan lewat optik PS2-nya.

Dan ciri-ciri dari PS2 yang sudah terpasang modchip tersebut yang bisa kita ketahui tanpa harus membuka casing PS2-nya diataranya adalah adanya logo MATRIX (jika tidak didisable tampilannya) saat pertamakali PS2 menyala sebelum masuk dibrowsing-nya. serta adanya tambahan menu/pengaturan chip yang bisa kita masuki dengan menekan dan tahan tombol segitiga + lingkaran mulai saat pertama menyala PS2-nya sampai masuk dimenu chipnya.

Jika sudah ditahan tombol segitiga + lingkaran tidak masuk-masuk juga dimenu chipnya, itu artinya PS2-nya tidak menggunakan modchip matrix atau modbo, atau kemungkinan juga modchip rusak dan harus diganti yang baru

Serta adanya fungsih untuk menonaktifkan chip itu sendiri yang bisa kita akses dengan menekan dan menahan tombol START saat awal menyala PS2-nya sampai ada tulisan dilayar TV-nya kalau modchip tersebut sudah didisable atau dinonaktifkan.

Sedikit mengenai modchip matrix dan modbo adalah. keduanya memiliki fungsi, tampilan dan kemampuan hampir sama, namun kualitas keduanya saja yang berbeda dari segi perangkat kerasnya atau bahan yang digunakan oleh modchip tersebut, dimana kualitas chip matrix lebih bagus dari chip modbo, namun untuk daya tahan chip tersebut saya rasa sama saja, tergantung dari pemakainya saja., dan saya sendiri menggunakan chip modbo karena harganya lebih murah dan mudah saya dapat didaerah saya.

Dan sebenarnya fungsi dari chip tersebut adalah hanya membantu kita menjalankan booting atau program di PS2, baik yang tersimpan diharddisk, maupun yang tersimpan di memorycard. Jadi sekali lagi fungsinya hanya membantu menjalankan yang artinya disini adalah tanpa menggunakan modchip tersebut-pun kita masih bisa menjalankan booting/program game di PS2nya, karena yang menjalankan/memproses booting atau program selanjutnya yang kita kenal ada beberapa seperti HDLoader, USBAdvance/USBExtreme, USBLoader, OPL/Open PS2Loader, PS2ESDL, tentunya adalah PS2-nya sendiri dan bukan atau tanpa bantuan modchipnya. (bingung jg ngejelasinnya nih sengihnampakgigi )

Okey....

Bagi teman-teman yang ingin mencoba menggunakan modchip tersebut, berikut saya coba tulis cara-caranya sesuai dengan apa yang biasa saya lakukan saat memasang modchip tersebut pada PS2 yang saya gunakan sendiri (maklum bukan tukang service PS2 sengihnampakgigi)

Untuk melakukan penggantian chip atau pemasangan modchip di PS2 baik yang tebal maupun yang slim, maka terlebih dahulu sebaiknya persiapkan bahan-bahannya sebagai berikut:

  • Chip pengganti (Modbo atau Matrix).
  • Timah secukupnya (pilih timah yang berukuran kecil).
  • Solder (pilih mata solder yang runcing).
  • Pasta Solder.
  • Kabel AWG Kynar jika ada (klau saya sendiri kadang menggunakan kabel bekas modchip sebelumnya, dan jika kurang saya gunakan kabel tunggal bekas dari kabel stik, pokoknya cari yang gampang" aja, kga nyusahin dan layak digunakan).
  • Isolasi kertas.
  • Manual instalasi chip (gambar jumper chip).
  • Perlengkapan untuk membuka casing PS2).

Setelah perlengkapan tersebut sudah siap, selanjutnya kita sudah bisa mulai melakukan penggantian atau pemasangan chip-nya dengan cara sebagai berikut:

Pertama-tama tentunya membuka casing PS2 kemudian mengeluarkan mobo (motherboard) dari casing, dan setelah itu modchip jika ada akan terlihat menempel pada mobonya dengan menggunakan lem perekat yang mana chip tersebut dihubungkan ke mobo PS2 lewat kabel" jumper pada titik tertentu di mobo PS2-nya.

Selanjutnya lepas satu persatu kabel jumper yang terpatri di modchip sebelumnya jika ada, sementara kabel jumper yang terpatri dimobo PS2 untuk sementara jangan dulu kita lepas, tujuannya disini adalah agar nantinya kita tidak susah" lagi menyolder kabel jumpernya di mobo PS2nya, karena sebagian besar titik jumper chip memiliki titik pemasangan yang sama di mobo PS2nya, dan sebagian lagi menggunakan titik jumper yang berbeda.

Setelah itu kita sudah bisa mulai memasang chip modbo atau matrix dengan sebelumnya menyolderkan dulu timah secukupnya pada titik" di chipnya, tujuannya kita memberi timah terlebih dahulu pada titik" tersebut agar nantinya dalam pemasangan kabel jumper pada chip bisa lebih mudah dan cepat.


Titik" jumper pada chip tersebut bisa dilihat pada contoh gambar diatas, yang mana pada titik" tersebut kita beri atau solderkan timah secukupnya terlebih dahulu.

Setelah itu tempelkan lem perekat chip yang biasanya ikut bersama chipnya.

Tempelkan lem perekatnya pada bagian bawah chipnya, dan setelah itu cari posisi dimobo tempat melekatkan atau menempel chip tersebut. Kita bisa juga mengambil posisi peletakan chipnya dari posisi pemasangan chip sebelumnya yang sudah kita lepas (jika ada).

Setelah itu tinggal kita pasang satu persatu kabel jumper chip dengan berpedoman pada manual diagram chip atau gambar titik jumper chip dimobo (motherboard) PS2-nya.

Untuk manual gambar diagram chip sudah pernah saya posting disini, atau teman" bisa juga download diagramnya disini khusus buat chip modbo dan matrix pada PS2 tebal dan Slim.


Umpamanya pada gambar diagramnya seperti dibawah ini.


Pada contoh diatas titik jumpernya ada beberapa antara lain titik jumper W, P, O, N, M, R, Q, T, U, V.

Maka huruf" dari titik jumper pada mobo PS2 ini kita jadikan patokan untuk melakukan pemasangan kabel jumpernya.

Kita samakan saja titik huruf pada gambar diagramnya dengan titik huruf yang ada pada chipnya, jadi nantinya setelah kabel jumpernya sudah dipasang akan menghubungkan titik" dengan huruf yang sama pada mobo PS2 dan chip-nya, seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Sementara untuk pemasangan titik huruf yang lainnya tinggal samakan saja dengan titik huruf pada diagram dan chipnya.


Setelah semua kabel jumper sudah selesai dipasang, maka alangka baiknya jika memeriksa kembali jalur pemasangannya dan pastikan kalau titik kabel jumpernya sudah sesuai dengan diagram jumper chip-nya.

Setelah itu rapikan semua kabel-kabel jumper dengan memberinya isolasi kertas agar kebel-kabel jumper tersebut tidak banyak goyang dan menempel rapi pada mobo PS2-nya dan perhatikan juga jangan sampai ada kabel yang berada pada lubang tempat masuknya baut atau berada pada tempat-tempat yang bisa membuat kabel terjebit dan putus nantinya setelah mobo-nya terpasang kembali dicasing PS2-nya.

Umpamanya seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Okey...

Pemasangan chip-nya sudah selesai, dan selanjutnya pasang kembali mobo PS2 pada casingnya seperti semula.

Pemasangan chip sangat mudah dan simple, yang penting dalam pengerjaannya kita berhati-hati dan teliti.

Dan secara pribadi yang notabene tidak seperti tukang service yang setiap harinya bergelut dengan elektronik dan solder-menyoldersengihnampakgigi, dan jika saya banding-bandingkan....lebih susah beli chip dari pada memasangnyasengihnampakgigisengihnampakgigisengihnampakgigi

Selesai.


Read more: Cara Pasang Modchip di PS2 buat Pemula http://satriogame.blogspot.com/2011/08/cara-pasang-modchip-di-ps2-buat-pemula.html#ixzz1iazAkONM